KOMPUTER

Komputer adalah seperangkat komponen elektronica yang sengaja diciptakan untuk membantu dan memudahkan pekerjaan manusia dalam mengolah data, angka, dan lain sebagainya.
komputer tidak dapat di defenisikan sebagai TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI apabila tidak ada perangkat perangkat pelengkap jaringan internet yang memungkin kita untuk mengakses segala informasi dan juga berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia.
perangkat itu contoh nya adalah MODEM, ACCES POINT, REAPETER, HUB, SWITCH, ROUTER, NIC, UTP dan perangkat lain nya. akan tetapi, apabila perankat ini tidak lah terpenuhi maka komputer tersebut cuma bisa di bilang sebagai alat pengola data atau yang lain nya saja.


Pada dasarnya komputer itu terdiri dari 3 komponen dasar yaitu
  1. hardware ( perangkat keras) adalah perangkat keras komputer yang berwujud artinya dia dapat kita rasakan, kita pegang dan kita lemparkan kie mukak kawan kita ,,, hahahahah .. .                                 A. hardware pada dasarnya terdiri dari 2 jenis dasar yaitu ONBOARD dan OUTBOARD .          Perangkat yang Onboard adalah perangkat keras yang terhubung langsung dengan MATHERBOARD seperti PORT KEYBOARD. MOUSE, USB( Universal Serial Bus ), LAN CARD (Local Area Network), PORT VGA, SERIAL, LPT, SOUND CARD, SLOT MEMORI, SOKET PROCESSOR, SLOT PCI, SLOT AGP dan masi banyak lagi. Kalau yang OUTBOARD contohny seperti PROCESSOR, FAN, POWER SUPPLY, HARDISK, MEMORY, CD ROOM, LAN CARD EKSTERNAL, VGA EKSTERNAL, SOUNDCARD EKSTERNAL,MONITOR dll.
  2. Software ( perangkat lunak ) adalah komponen - komponen perangkat lunak komputer yang tidak berwujud artinya dia tidak dapat kita sentuh langsung akan tetapi dia bisa kita pergunakan untuk pengoperasian komputer.. kluk yang ini sob gag bisa kita lempar ke mukak teman kita hahah ... software jugag di bagi menjadi 2 macam yaitu sofware aplikasi dan software OS .
  3. Brainware ( user/Op/...** ) adalah seseorang yang menggunakan komputer tersebut baik dia seorang operator, User(pengguna), dll.


Beberapa penjelasan mengenai perangkat keras pada komputer.
  1. MATHERBOARD adalah perangkat keras pada komputer sebagai papan utama pada komputer yang menghubungkan  semua perangkat keras lain nya agar dapat tehubung menjadi satu kesatuan agar komputer dapat berjalan secara maksimal.
  2. PROCESSOR adalah perangkat keras yang memiliki fungsi untuk pengolahan data pada komputer.
  3. MEMORY ( RAM adalah perangkat keras komputer sebagai penyimpan data sementara.
  4. HARDISK adalah perangkat pada komputer sebagai penyimpan data permanen pada komputer, walaupun komputer dalam keadaan mati , data tidak akan hilang.
  5. POWER SUPPLY adalah perangkat keras pada komputer yang berfungsi memberikan arus listrik pada komputer yang mengubah arus AC menjadi DC ( searah menjadi bolak - balik ) 
  6. CD ROOM adalah perangkat keras komputer yang fungsinya membaca dan menulis kepingan CD/DVD.  
  7. Port mouse dan keyboard adalah perangkat kers onboard untuk menghubungkan atau mengconneckan keyboar dan mouse ke komputer kita. Ada beberapa jenis Port untuk mouse dan keyboard .
  8. Port Serial adalah port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystik dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 2 bit pada satu saat melalui kabel tunggal.
  9. Port VGA adalah port jenis serial yang digunakan untuk menghubungkan kabel VGA monitor ke CPU.
  10. Port LPT adalah Port jenis serial yang digunakan untuk menghubungkan printer yang kabel jenis nya Serial.
  11. Port USB adalah port yang menghubungkan perangkat input yang bentuk kabelnya berbentuk USB seperti Flashdisk dll.
  12. LAN CARD ( Local Area Network ) adalah port yang digunakan untuk membuat jaringan Local area Network.
  13. Port Sound Card adalah Port yang terdiri dari tiga lubang masing - masing berwarna biru, hijau, dan merah jambu. Warna hijau untuk speaker, biru untuk karaokean, Merah jambu untuk recoard. 
  14. PCI ( Periferel Component Interconnection )
  15. AGP ( Accelerated Graphics Port )


 








Produktif XTKJ4
  tgl 14 juni 2011









          



         
          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jawablah dengan hati nurani mu